Kamis, 17 Januari 2013

MOST COPIED CREATION ^^

Kalau lagi iseng banget, saya suka googling dengan keyword mahar uang.. Dan wow...begitu banyak gambar kreasi yang muncul. Yang sangat menggelitik saya adalah, ternyata ada beberapa kreasi yang saya familiar with. Mau tau kenapa? karena designnya sama dengan design kami. Duluuuuu....saya merasa gregetan, banyak banget yang niru, nembak, nyontek kreasi kami...Tapi sekarang saya tenang-tenang saja. Tapi yang menarik perhatian, dari ratusan karya yang saya bikin,ada MOST COPIED alias design yang paling banyak diminati untuk ditiru. Mau tau yang seperti apa yang paling diminati?? Check them out. Weits, saya memposting ini tidak ada maksud buruk apapun apalagi takabur, atau mendeskreditkan seseorang..nggaaa suwer ngga lho. Sebagai bahan evaluasi juga untuk saya dan ini murni cuma iseng-iseng... Bahwa, bolehlah saya berbangga bisa jd trendsetter...suit..suit...ehm ehm...hehehe....


Kalau yang model kupu-kupu quilling ini, wah udah jangan dikata deh...laku bangeeeeet banyak banget yang meniru style kami mahar quilling (kami memberi nama teknik Money Quilling. Hampir semua pengrajin mahar bikin ini..TOP


Naaaa..kalau yang model ini...saya ngga tau de, kenapa model ini laresh banget ditiru...Padahal pada masa ini saya memajang beberapa pose couple yang lain, tapi ini yang paling "laku ditiru" menurut kalian kenapa?



Mahar tema jepang ini, nyaris the one and only model jepang kami yang laris ditiru..Well, jujur saya akui, design ini bukan original design saya sendiri juga, saya ambil gambar kreasi teman crafter (juga) yang mendalami kurumie.
That's why I called this technic as KURUMONEY technic. Saya mengadopsi teknik untuk semua mahar couple saya dari kurumie.
Lalu, kenapa cuman ini top copied nya? Karena kami ngga majang kreasi Jepang yang lain -pada masa itu. Kalau sekarang...banyak...di official web kami www.kreasicrea.com udah dipajang ^^



Mahar ala pangeran melamar putri keraton sambil membawa seserahan disaksikan masing-masing pengawal, juga cukup banyak ditiru.




Mahar tema laut, adalah tema klasik...saya lihat lumayan juga yang bikin mahar tema laut.



Kalau yang ini..baru nemu 1 ini Jepang model lain yang di tiru persis plek...Yang menarik, karya kami tahun 2011, model kupu dengan siluet masjid, langsung ada yang niru.. hmmmm kapan kita majang foto itu didunia maya yah? idem, ditiru plek, amatin de ^^



Sisanya yah..1-2 model lain di luar top copied itu. Khusus yang model putra putri keraton di atas, merupakan salah 1 materi didalam Buku Craft saya. Silakan dipelajari teknik dan cara bikinnya, semoga bermanfaat ^^

Yang menarik, kreasi-kreasi kami yang banyak ditiru adalah kreasi-kreasi awal kami (kurun 2007-2009) Padahal, sudah ratusan kreasi baru kami hasilnya sampai tahun 2013 ini.. Pikir punya pikir, ya iya sih karena kami emang irit banget pamer karya baru.

Well..Puji Tuhan jika kreasi kami bisa menginspirasi pengrajin lain...memberikan rejeki pada mereka. Suatu berkat sendiri kan buat kita...Bergerak didunia maya emang sangat worldwide, namanya copycat dan meniru sangat cepat gerakannya di semua produk dan jasa. Saya lebih menghargai mereka yang "meniru" (mengcopy karya maharkreasicrea), daripada plagiator yang mengambil gambar kami dan memasangnya di lapak mereka.

=================
MengCOPY= meniru, berlatih membuat...lihat karya kami, lalu ditiru dan dibuat persis
PLAGIAT = melakukan copy-paste tanpa penambahan makna, alias menyalin karya orang lain menjadi seolah-olah karya milikmu. Mengklaim karya pihak lain tanpa seizin dan menjadikannya seakan karyamu.
=================

Akhir kata: Jangan terlena untuk terus meniru....segera temukan ciri dan kekuatan karyamu...Be your style, Be yourself...
REJEKI SUDAH DIATUR yg DIATAS, REJEKI MASING-MASING dan ga akan ketukar ^^ Always be creative if you wanna win the market.

Teguran khusus buat saya: SEO..SEO...SEO *sigh* (Search Engine Optimizer)

2 komentar:

  1. Maharku juga yg buatan kreasiCrea custom kereta api ada yg niru..hampir mirip bgt..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo..ini mas Yan apa mba Revita ni...^^
      O yaa....? belum tayang di dunia online kali yah..atau saya googlingnya kurang jauuuuh ^^

      Well, artinya, ide kalian...wokeeei ^^ sampe perlu ditiru...:)

      Hapus