Jumat, 11 Januari 2013

HARGA berbanding LURUS dengan KUALITAS

Tidak jarang kami menghadapi kekagetan calon klien pada waktu menerima Price List jasa pembuatan mahar di MaharKreasiCrea. Ada yang jelas-jelas shock mengungkapkan kekagetannya dalam kata-kata dengan kemungkinan kabur ga jadi ngorder, atau kembali lagi dan order karena mereka paham dengan kualitas.
Action lain ada yang cuman manggut-manggut, ada yang diam saja dan tak kembali lagi (batal ngorder), ada yang diam saja tapi kembali setelah sekian lama berdiskusi dg keluarga.
Tapi ada juga yang ga komen, mikir sejenak dan deal.....ini jelas yang jadi favorit kami....hehehehehe....ya iya laaaah.....

Sebagai informasi, harga jasa untuk model paling sederhana kami sekitar 2-3 kali lipat harga jasa hias mahar umum. Sedangkan harga jasa hias untuk model yang paling istimewa mencapai sekitar 9-10 kali lipat harga mahar umum. Kaget...? Yang kaget silakan meluncur kesini hehehe.

Menghadapi beragam expresi calon-calon klien kami tersebut, saya tergelitik untuk ngulik..."iya yah kenapa kami merasa layak dihargai senominal itu?"

Mau tau kenapa HARGA KAMI BERBEDA dibanding jasa hias mahar yang beredar diluaran?


1. STYLE kami jelas, semoga bisa kebaca dari kumpulan karya-karya kreasi kami ^^

2. untuk semua desain mahar berbasis COUPLE kami menSKETSA wajah couple tersebut SESUAI dengan WAJAH KLIEN kami. Saya rasa ini juga sudah jelas, butuh skill khusus dari sejak mulai proses sketsa design ^^.


3. kami punya KONSEP yang jelas untuk setiap pengerjaan, desain baru untuk setiap klien. Jadi mohon maaf, kalau ada yang minta dibuatkan persis sama seperti punya si A, si B, maaf kami tidak bisa. Jujur, saya ngga bisa duplikasi bikin sama persis dengan contoh. Meskipun contoh itu juga adalah karya saya yang dulu-dulu. Buat saya, apa yang sudah pernah saya kerjakan ya sudah ngga usah diliat lagi, bikin baru..bikin baru...terus baru...dengan demikian kita terus berkembang dan melakukan penyempurnaan.

4. kami sangat memperhatikan KOMPOSISI. Segala desain  yang kami buat, letak komponen-komponen sampe finisihingnya ga asal tempel, semua ada cerita dan alasannya.

5. Kami juga sangat memperhatikan PROPORSI materi utama mahar dengan background sampe hiasan pengisi agar tidak kebesaran/kekecilan tapi pas.

6. Kami menggunakan TASTE of ART alias pake SENI dalam menyematkan semua hiasan, menempel hiasan bunga-bunga, membuat kruwil-kruwilan bukan asal tempel penuh. Tapi kami memperhatikan keseimbangan, terhadap keseluruhan desain. Mengatur mana kosong mana isi.

7. kami DETAIL dalam pengerjaan, sampai bagian-bagian terkecil, pernak-pernik kami sangat perhatikan.


8. kami selalu (berusaha) RAPI dalam finishing. Cutting kami rapi sampe selekuk sekecil-kecilnya. Kami pastikan seminim mungkin untuk meninggalkan jejak lem belepotan dan rambut-rambut lem (kami menggunakan glue gun yang pasti meninggalkan jejak2 seperti rambut bersliweran)

9. kami menggunakan bahan-bahan PILIHAN, frame dengan KUALITAS no 1 dikelasnya (kekuatan dan finishingnya halus). Mengapa..? Karena kami ngga mau tanggung-tanggung dalam mengemas karya, mahar adalah untuk seumur hidup, karenanya bahan-bahannya harus tahan lama juga.

10. kami punya million IDEAS untuk mewakili kisah cinta kalian..menangkap dan menerjemahkannya dalam desain Mahar Bercerita. So, inilah kami kreator mahar spesialis permintaan khusus {so, kalau mau mesen dikita, harus pilih desain KOJO nya hehehe....custom request}



11. kami mendesain sampe dengan eksekusi finishing akhir dengan LUWES dan CHIC..jangan dikira membuat kruwil-kruwil itu sekedar kruwil-kruwil lho....beda tangan beda hasil kelengkungan dan keluwesannya. Saya sendiri pun berproses walau cuma bikin kruwil-kruwil begitu...makin banyak bikin, makin luwes....Saya bisa ketawa sendiri jika membandingkan karya saya waktu awal-awal dengan karya saya sekarang-sekarang ini...Karya dulu, masih keliatan cupu nya ^^ hehehehe....Namanya juga metamorfosis yah...masa' cupu terus :P



12. kami berkarya dengan HATI...kalau boleh disimpulkan, anda berhadapan dengan SENIMAN mahar, bukan sekedar pengrajin massal yang kebetulan bisa melipat-lipat uang. Karenanya saya juga sangat menghargai klien-klien yang bisa dan bersedia mengapresiasi karya kami dengan pantas.
Adalah hak klien untuk menentukan memilih kami atau pengrajin lain. tapi kalau kami boleh berstatement, karya kami adalah untuk mereka yang bisa menghargai seni ^^ {Thanks to our beloved & valued clients}

13. ini HANDMADE...handmade with ART & STYLE...banyak orang yang masih berpikiran kalau barang handmade itu lebih murah dari barang massal pabrikan...Kebalik la yaw...Namanya handmade, yang bikin (tangan) manusia melibatkan rasa, perasaan, otak, skill, tenaga dan waktu. Sesuatu yang sangat abstrak dan susah hitung-hitungannya. Ujung-ujungnya, berapa si "pemilik tangan" ini ingin dihargai jerih payahnya. Seberapa besar penghargaan terhadap kemampuan diri sendiri. Meskipun tetap harus berkaca tentang kepantasan kualitas fisik yang dihasilkan. Tidak ada standard mengenai bagus dan jelek, itu soal rasa ^^

Last but not Least, sebenernya ngga perlu juga kami membeberkan WHY ini secara panjang lebar. Karena as simple as reality...bandingkan saja (foto) karya kami dengan karya pengrajin lain. Kalo ada yang bilang "sama kok".
Yo wes...maaf kalau saya juga akan menjawab " Kalau gitu, dengan kualitas yang menurut anda sama, ya otomatis pilihlah yang lebih murah tentunya, tak perlu memaksa saya untuk bernego harga"
Fyi, harga kami NON-negotiable, alias ga ada nego2 an ^^ sudah tau kan alasannya kenapa...*scroll up lagi yah..*



Tidak ada komentar:

Posting Komentar