Senin, 14 Januari 2013

(Cerita di Balik) Buku Craft Pertama ku ^^

Yayyy.....akhirnya buku craft pertamaku terbit juga....Puji Tuhan.....Pas sekali sebagai pembukaan tahun 2013 ^^



Eits....tapi itu pol banget deh lamanya.....lamaaaaa banget....Apalagi kalau dihitung dari proses hunting publisher.

Di awal banget muncul keinginan menulis buku craft (sekitar 2009-2010 an kl ga salah) yang ingin saya tulis adalah buku tentang kerajinan flanel. Waktu itu lagi happening banget cake flanel...Saya yang memang waktu itu sedang aktif produksi flanel aneka bentuk, mencoba menawarkan konsep pada sebuah publisher terkenal di Jakarta. Kebetulan sobat saya sudah pernah menelurkan buku di publisher tersebut, jadi jalan cukup mulus. Akan tetapi entah mengapa, si publisher tersebut nampaknya sudah jenuh dengan yang namanya Flanel. Mungkin karena menurut mereka kreasi flanel cuman itu-itu aja....
Ya sudah intinya ide saya membahas Felt Cake fungsional ditanggapi separo bahkan seperdelapan hati kayaknya hehe.

Eeeee....mereka malah tertarik dengan kreasi mahar saya....mereka malah lebih semangat untuk nyuruh saya menulis untuk kreasi mahar. Nah kebalikannya....saya yang menanggapi ide mereka dengan seperenambelas hati hehehe...alias...gada bayangan...mau bahas apa kalao disuruh nulis buku tentang Mahar. Well, singkat cerita, akhirnya saya lupakan saja dulu keinginan menulis buku...selain memang saya disibukkan oleh produksi flanel dan mahar yang bener2 full waktu itu...

Trus kapan lagi tepatnya tiba2 keinget sama niat bikin buku Flanel..saya coba lagi ketok pintu di sebuah publisher di Surabaya. "fiuhh....." idem, tanggepannya (lagi-lagi) sepersekian hati hehehe...dengan alasan mereka sudah punya penulis flanel yg cukup produktif. Yaaaaa.....tapi kan ide kreasiku kan beda bu.....
Adeuuuuuu segitunya tah kerajinan flanel ni udah jenuh di kalangan publisher.
Mereka tanya, saya bisa apalagi...ya saya sebutin aja bisa ini bisa itu.....
"Nah, itu aja, nulis tentang mahar aja mba...Peluangnya bagus banget mba, masih sedikit penulisnya.."

halaaah....kok mahar lagi....? Emangnya mau nulis apa si, wong kreasi maharku juga cuman begitu-begitu aja teknik dan modelnya, lha syaratnya kan minimal 20 kreasi...weleh...mo bikin apa...
Idem dah, aku menanggapinya tetep dg manggut-manggut plus shock....tapi masih tetep mikir....Bikin buku mahar yang gimana ya...? Mo nulis apa...mo bahas apa....
{bener-bener waktu itu yang ada konsepnya jelas di otak saya, ya nulis tentang kreasi flanel....tapi untuk coba ke publisher lain, saya tidak berminat. Saya pengennya, kalau nulis, ya sama 2 publisher itu hehehehe...}

Lirik sana lirik sini...Iya juga yah...buku kreasi mahar itu masih minim yah. Dari yang minim itu, modelnya juga masih model lama, alias terbitan tahun 90an....Padahal seni mahar yang saya jalankan, menggunakan teknik yang sama sekali baru...originally kreasi saya sendiri. Teknik dan kreasi yang saya kembangkan, akibat minimnya sampel mahar dilapangan yang bagus menurut kacamata seni saya. Someday dah, saya ceritain awal mula saya kepleset dan terjun skalian sampe keleleb ke dunia permaharan.

Seiring saya "ngambek" karena ngga ada yang mau nerima konsep flanelku...seiring saya masih mikir buku mahar mo bikin apa si...eeee ternyata ada penulis lain yang mulai 1 per 1 menerbitkan buku mahar dengan teknik saya !!! Ngeselin ga sih....
eh, kalian tentu mikir, kok bisa saya sePD itu bilang itu teknik saya? Well...di awal karir saya diminta bikinin mahar sama customer....langkah pertama yang saya lakukan adalah GOOGLING...baik didunia maya maupun referensi buku craft di toko buku. Dan semua karya nya seragam, kipas, ikan, merak, kapal.

Otak seni saya berontak, itu bukan gaya saya...maka dengan inspirasi dari seni craft lain muncullah teknik mahar dengan uang gulung yang kemudian tekniknya saya kasi nama money quilling.
Yakin 1000% saya, waktu itu belum ada yang keidean bikin mahar dengan bentuk seperti itu.

So...makanya saya cukup kesal juga waktu ada yang nulis buku "mengadopsi" teknik saya... Saya mikir, lha saya yang pertama menemukan, tapi orang lain yang mendulang komersilnya...hanya gara2 kalah langkah, kalah keberanian, kalah niat... Haizzzz....ya sudah...intinya salahku dewe wes...kesuwen mikir (kelamaan mikir) padahal tawaran sudah ada dr sejak sebelum bermunculan buku mahar yang mengadopsi teknik saya.

Kesal memang kesal...tapi otak tetep buntu dan gelap...mo diisi apa kl bikin buku mahar hehehehe...

Hingga sampe pada suatu kesempatan...ada buku mahar terbitan baru saya lihat di Gramedia. Kalian tau apa perasaan saya waktu itu.....Sambil membuka dan melihat isi buku tersebut, saya deg-degan hebat, gemeteran hebat, badan sampe panas dingin....saking speechless nya..Bukan karena buku itu sedemikian sempurnanya....tapi....no komen deh....

Dalam pikiran saya...dengan kedangkalan kreasi seperti itu, dengan kualitas sampel produk yang terkesan alakadarnya dengan kualitas foto seperti itu, dengan kualitas cetak seperti itu, buku itu bisa terbit...Mohon maaf, bukan saya hendak menghina, melecehkan atau merendahkan atau niat jelek apapun...tapi ini menakjubkan sekaligus miris.
Sebegitu kejar targetnyakah publisher-publisher baru memerlukan tulisan, sehingga tulisan apapun mereka bisa terbitkan tanpa memperhatikan kualitas....

Saya bener-bener gemetar hebat pegang buku itu...dan entah mucul darimana tiba-tiba seperti ..dunia saya berputar ide-ide saya keluar begitu lancarnya..Seperti Sam waktu mendapat wangsit kode-kode aneh di film Transformer 2 (apa 3 yah...lupa deh)
Saya bener-bener dapat pencerahan...Saya jadi begitu tahu, apa yang harus saya tulis di buku Mahar saya nantinya...Dan saya yakin, saya bisa lebih baik dari itu...Orang lain yang menulis dengan mencomot ide dari kreasi saya, hanya tahu kreasi bentuk itu saja. Tapi saya...penciptanya...pasti tau lebih banyak bagaimana mengembangkannya 1 teknik menjadi beragam kreasi.

Well, saya cepet2 pulang, dan segera melepon pihak publisher..."Ya mba, saya mantap maju menulis buku tentang Mahar"
1 tahun...itu waktu yang saya butuhkan untuk mendapatkan kemantapan, YA saya mau menulis tentang MAHAR. Gila yah....ah ngga juga...biasa aja kaleee....Namanya seniman, ga akan jalan kalau ga mantap hahahaha excuseeee ^^

Akan tetapi meski mantap dan semangat...ternyata ngga secepat itu saya bisa menyelesaikan naskahnya. Kesibukan saya sebagai 100% seniman mahar yang penuh dengan deadline2 yang sangat ketat, membuat project buku ini terbengkalai...plus jenuh karena ngga jadi-jadi...
Butuh 1 tahun (lagi) dari deal mulai nulis sampe naskah buku saya beres...plus setengah tahun menunggu ngantri editing, lay out + cetak...

Fiuhhhh.....panjang sekali jalan menjadi seorang penulis wkwkwkwk....Dan semuanya sudah terbayar lunas....buku KREASI MAHAR 3D saya terbit membuka tahun 2013. Seperti mimpi...
Terima kasih Mba Yanti -Tiara Aksa untuk kesempatan dan kepercayaannya pada saya...Dan inilah, persembahan saya untuk Indonesia...Semoga buku saya bisa menginspirasi seniman mahar untuk bisa berkreasi lebih inovatif, mengembangkan dari apa yang sudah saya sajikan. Sehingga hias mahar bukan hanya sekedar cuma lipat-lipat duit tanpa perasaan, tapi menjadi sebuah seni yang bisa bernilai jual tinggi.

Seni Hias Mahar Uang sudah menjadi ciri pernikahan muslim Indonesia..Ini Indonesia banget...beneran...googling deh.. ^^

Beli yaaaah....bukunya sudah ada di toko-toko buku terkemuka di Indonesia lho...^.^
.

5 komentar:

  1. Keren!!!! Dan Wien suka banget cerita perjalanan jadi bukunya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi....maklum masih amatiran..jadi ya gitu de, kebanyakan konyolnya hehehe..Makasi dah mampir yah...

      Hapus
  2. fiuuuh....
    awesome mba!
    sangat inspiratif sharingnya... BRB berburu buku mahar mba Crea :D

    Eka&Tata

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasi ya duo EkaTata....
      perlu tanda tangan dan cap bibir ga :D LOL

      Hapus
  3. Kerennn dan Semangattt mb.. :D
    Jd inspirasi dan motivasi jg bwt aq yg lg menggebu" pengen bikin buku craft juga :D hehee..
    Sukses ya mb..
    *mampir k blog qu jg yaa.. ;) tq

    BalasHapus