Rabu, 06 Maret 2013

Episode Lain tentang Burung Pipit


Lagu yang sama, bisa diinterpretasikan berbeda yah....hmmmm.....

"Burung pipit tidak menanam, tapi Tuhan b'ri makan...
 Bunga bakung tidak memintal, tapi Tuhan dandani....
 Terlebih aku anak-anak Nya, pasti Tuhan pelihara...."

Awalnya saya menanggapi lagu itu sebagai sikap untuk kita tak perlu cemas menjalani hidup, karena Tuhan pasti memelihara anak-anakNya..(baca ini).

Tapi, karena saya sangat lekat dengan pengalaman (buruk) ini..saya jadi mikir...ini yang salah lagunya...imannya..atau manusianya yg salah menerjemahkan.

Jika lagu itu saya identikkan dengan TIDAK MENANAM TAPI PANEN...bener ga? bisa ga?
Padahal selama ini kita lekat dengan pepatah "Siapa menanam dia yang akan menuai"
Dan kadang, ndilalah dapat rejeki nomplok dari (mencoba-coba) perbuatan curang or menipu...itu gimana?

Lalu, terkadang ada, karena iman akan kepasrahan itu, maka ada orang yang seolah MENGHARAP HUJAN UANG DARI LANGIT tapi minim atau nyaris tanpa usaha...

hayo...mana yang benar...?

Persepsi memang banyak sudut pandang yah, tergantung pada posisi mana kita berdiri.

1 komentar:

  1. kalau "tidak menanam tapi panen" berarti itu hutang kita yang harus dibayar dengan sebuah harga... tak ada di dunia ini yang berdiri sendiri, semuanya saling terkait....

    BalasHapus